Minggu, 11 November 2012

Teknik dan strategi komunikasi pemasaran

Diangkat dari makalah kelompok 2 : Teknik dan Strategi pemasaran yang tepat

Nama anggota kelompok :

•Julvian
•Johandi
•Rahmi novira
•M.iqbal
•Khaidir muslem
•Rodianah
•Ida rahayu


Pengantar

Segala puji beserta syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan kita kesehatan dan kesempatan sehingga kita dapat melakukan aktivitas–aktivitas karena rezeki dan hidayah Nya yang tercurah untuk kita semua.

Shalawat dan beriring salam tak lupa kita hanturkan kepangkuan Baginda Rasulullah Muhammad SAW, karena perjuangan dan pengorbanannya kita dapat merasakan nikmatnya ilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan sekarang ini.

Ucapan terimakasih kita persembahkan untuk Bapak Muhammad Ali, selaku dosen pebimbing mata kuliah komunikasi pemasaran, atas ilmu dan informasi yang telah beliau berikan kepada kita semua-semua.

Terakhir untuk teman-teman yang ikut serta menyelesaikan makalah ini, untuk waktu dan sarannya kita ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Lhokseumawe, 09 nov 2012

Pendahuluan

Technic Marketing adalah sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respons atau transaksi. Respons yang dihasilkan bisa berupa inquiry, pembelian, atau bahkan dukungan.

Dalam Dictionary of Marketing Terms, Peter Bennett mendefinisikan technic marketing sebagai “aktifitas total dimana penjual, untuk mengefektifkan pertukaran barang dan jasa dengan pembeli, mengarahkan usaha pada target audience menggunakan satu atau lebih media ( selling, mail, telemarketing, action advertising, catalogue selling, cable TV selling, dll) dengan tujuan menghasilkan respons lewat telepon, surat, atau kunjungan pribadi dari pembeli potensial atau pelanggan”.

Dari pengertian diatas kita bisa mengetahui bagaimana pentingnya teknik komunikasi pemasaran dalam memasarkan produk barang dan jasa. Ulasan peter bennet juga menyiratkan peranan media cetak atau elektronik dalam mengarahkan usaha atau system marketing sebagaimana yang diharapkan oleh sang produsen.

Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kemampuan atau skill seorang komunikator dibidang ini,bagaimana cara pendekatan komunikator kepada konsumen sehingga proses komunikasi pemasaran berjalan efektif.

Oleh karena itu media dan komunikator memiliki keterkaitan yang sangat erat, dalam menyukseskan metode atau teknik komunikasi pemasaran yang tepat , apabila keduanya tidak selaras dan seimbang maka tidak akan pernah terjadi keefektifan dalam komunikasi pemasaran sebuah perusahaan.

Pembahasan

1.Definisi komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran ( marketing communication ) adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen.

Komunikasi pemasaran bagi konsumen, dapat memberitahu atau memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang macam apa, serta di mana dan kapan. Komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek serta mendorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai pemegang saham.

Dari definisi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa pentingnya teknik atau penerapan dalam komunikasi pemasaran dalam sebuah perusahaan atau organisasi dagang lainnya. Teknik merupakan cara atau metode yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, pemasaran. sendiri merupakan menyodorkan barang atau jasa kepada konsumen, usaha-usaha ini lah yang disebut dengan teknik pemasaran.

2.Unsur-unsur dalam teknik komunikasi pemasaran

Beberapa unsur penting yang harus dilakukan oleh seorang agen atau komunikator pemasaran, ditinjau dari kegiatan yang sudah ditetapkan oleh sebuah perusahaan adalah sebagai berikut :

•Iklan
struktur informasi dan susunan komunikasi non personal yang dibiayai dan bersifat persuasive mengenai promosi produk barang, jasa atau ide sponsor yang teridentifikasi melalui berbagai macam media.

•Promosi penjualan
Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa.

•Acara dan pengalaman
Kegiatan dan program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu.

•Hubungan masyarakat dan publisitas
Beragam program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.

•Pemasaran langsung
Penggunaan suatu media elektronik, faksimile, e mail, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta respon atau dialog dari pelanggan.

•Pemasaran interaktif
Kegiatan dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan dan secara langsung atau tidak langsung meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, dan menciptakan penjualan
produk dan jasa.

•Pemasaran dari mulut ke mulut
Komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antarmasyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa.

•Penjualan personal
Interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli prospektif untuk tujuan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan pengadaan pesanan.

3.Teknik komunikasi pemasaran yang tepat

Ada tujuh langkah dalam mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif, diantaranya adalah :

•Mengidentifikasikan pemirsa atau konsumen
sasaran

menganalisa pembeli potensial produk perusahaan dan menetapkan target konsumen.

•Menentukan tujuan komunikasi
kebutuhan kategori, kesadaran merek, sikap merek, maksud pembelian merek.

•Merancang komunikasi
strategi pesan, strategi kreatif, sumber pesan, adaptasi global.

•Memilih saluran komunikasi

1.Saluran komunikasi pribadi dua orang atau lebih berkomunikasi tatap muka, antara seseorang dengan pemirsa, melalui telepon atau melalui e-mail.

2.Saluran komunikasi nonpribadi
komunikasi yang diarahkan ke lebih dari satu orang dan meliputi media, promosi penjualan, acara dan
pengalaman, serta hubungan masyarakat.

•Menetapkan total anggaran komunikasi
pemasaran

metode terjangkau, metode persentase penjualan, metode paritas kompetitif, dan metode tujuan.

•Mengukur hasil komunikasi
mengukur dampak pesan yang dikomunikasikan terhadap konsumen sasaran dan umpan balik yang
diterima.

•Mengelola proses komunikasi pemasaran
terintegrasi

mengkoordinasikan media, mengimplementasikan IMC ( Integrated Marketing Communication ) atau komunikasi pemasaran terpadu.

4.e-Business

saat ini banyak sekali teknik komunikasi pemasaran yang semakin berkembang , salah satunya adalah e-Business. Ini merupakan panduan terbaru dalam menyukseskan pemasaran di beberapa perusahaan besar di Indonesia.

e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi , dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi system, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha.
Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah system terotomatis. Pada masa sekarang , hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminology ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM. Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace).

Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.

Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi.

7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business
adalah sebagai berikut
:

1.Fokus. Produk-produk yang dijual di internet
harus menjadi bagian yang fokus dari masing masing manajer produk.

2.Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.

3.Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor
penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.

4.Manfaatkan kekuatan e-mail.
E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.

5.Menulis artikel.
Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.

6.Lakukan e-Marketing.
Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.

7.Komunikasi instan.
Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.

5.Kunci sukses komunikasi pemasaran.

- komunikator harus kompeten dalam menyampaikan pesan kepada konsumen.

- menjalin hubungan baik antara perusahaan dan konsumen.

- friendly, dan humanis karakteristik yang mutlak harus dimiliki oleh seoran komunikator.

kesimpulan

Dalam penerapan teknik komunikasi pemasaran yang tepat diperlukan peran seorang agen atau komunikator yang handal dalam melakukan persuasive kepada konsumen, sehingga isi pesan yang ingin disampaikan langsung mengena kedalam hati si konsumen, timbulah sikap interesting, sehingga konsumen menggunakan atau memakai produk barang atau jasa perusahaan tersebut, hakikatnya teknik ini merupakan cara bagaimana sebuah perusahaan dapat mendulang kesuksesan ketika menerapkan komunikasi pemasaran didalam perusahaannya.

daftar pustaka :

•Wikipedia (definisi teknik pemasaran)
•Wikipedia ( Electronic business )
•Haryanto, wahab. Konsep komunikasi pemasaran.2003.bandung : PT. Anugerah .

Salam komunikasi
Manajemen komunikasi
universitas malikussaleh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar