Rabu, 07 November 2012

apa itu definisi berita radio ?

apa itu definisi berita radio ?

Sebagai mahasiwa komunikasi yang sekarang belajar mata kuliah produksi penyiaran radio, tentu radio menjadi analisa dan pembelajaran yang wajib aku pelajari, maka dari itu berikut definisi berita radio yang aku angkat dari sebuah buku yang menjadi modul perkuliahan aku

Radio merupakan media auditif ( yang hanya bisa di dengar melalu indera pendengaran saja ), akan tetapi murah, merakyat dan bisa di bawa kemana dan kapan saja.
radio juga dapat berfungsi sebagai media ekspresi, komunikasi, informasi, pendidikan dan hiburan pastinya.
Radio memiliki juga memiliki kekuatan besar sebagai media imajinasi, karena sebagai media yang tidak dapat dilihat siarannya, radio merangsang begitu banyak suara, dan berupaya memvisualisasi suara penyiar ataupun informasi faktual melalui telinga yang mendengarkan siaran radio.

Jurnalisitik misalnya, adalah semua hal yang menyangkut proses perencanaan, meliputi, memproduksi, dan pastinya melaporkan sebuah realita berita yang fakta adanya. Jika dalam media cetak pengertian berita adalah peristiwa yang diulangi, maka dalam konteks radio berita adalah peristiwa yang di komunikasikan kepada pendengar pada saat yang bersamaan disaat peristiwa sedang terjadi. Jika proses pengulangan berita pada jurnalistik penyampaian berita ulang yang sesuai aturan, maka di dalam radio berita yang di sampaikan secara langsung dalam hitungan detik dan interaktif.

Kalo di lihat secara definisi belum ada yang tepat menggantikan istilah radio news kecuali kesepakatan bahwa news is big bussines sebagai bahan perbandingan, ada beberapa pendapat pakar radio yang biasa diacu yaitu, yaitu :

•Paul D. Maessenner, dalam bukunya ''here's tha news''.
News adalah sebuah informasi yang baru tentang suatu peristiwa yang penting dan menarik perhatian pendengar.

•Prof. Mitchel V. Charnley, dalam bukunya reporting.
News adalah laporan tentang fakta atau sebuah opini yang menarik perhatian dan penting

•Curtis beckmann, post president RTNDA.
Berita diartikan sebagai laporan atas opini atau peristiwa yang penting bagi sejumlah masyarakat.

Dan menurut aku sendiri :

•Julvian
Radio adalah media pendengaran yang menyampaikan informasi dalam rangsangan pendengar yang luas dan di butuhkan dari berbagai genre

Dapat disimpulkan dari beberapa definisi radio diatas bahwa, berita radio adalah suatu sajian. Laporan yang berupa fakta dan opini, yang mempunyai nilai berita yang dianggap penting dan menarik bagi sebagian banyak orang.

Semoga bermanfaat.
Salam komunikasi !

2 komentar:

  1. Sangat berguna buat referensi gan. Kebetulan blog ku juga ada artikel mengenai pengertian berita menurut ahli gan. Monggo dikunjungi ya.

    http://pengertian156.blogspot.com/2018/06/pengertian-berita-menurut-ahli-lengkap.html

    BalasHapus
  2. Sangat berguna buat referensi gan. Kebetulan blog ku juga ada artikel mengenai pengertian berita menurut ahli gan. Monggo dikunjungi ya.

    http://pengertian156.blogspot.com/2018/06/pengertian-berita-menurut-ahli-lengkap.html

    BalasHapus