Selasa, 06 November 2012

Menulis adalah membangun sejarah

Orang mau sepintar dan sejenius apa pun dia, tanpa adanya menulis maka akan jadi hamparan debu !! Dengan menulis seseorang akan jadi sejarah dan akan di kenang melalui tulisan nya !

Mengapa dikatakan demikian ?
Jelas di katakan demikian karena menulis adalah salah satu bentuk komunikasi pikiran yang di luangkan di atas kertas bahkan dalam konteks media massa yang menjadi salah satu elemen globalisasi sekarang ini.

Tentu menulis mengarah pada suatu keinginan dan punya tujuan bukan ?

mari kita lihat beberapa Tujuan Penulisan yang menurut ku menjadi landasan awal mengarah pada sejarah :

untuk lebih mengenal potensi diri dalam menulis

Potensi manusia selalu berbeda beda baik dalam kelebihan bahkan kekurangan, ada manusia yang mampu mengunakan intelektualnya dalam bercakap cakap.
Namun bagaimana jika di lain sisi ada manusia yang cerdas bahkan pinter tetapi kurang berani dalam mengimplementasikan hal tersebut ? Nah, disinilah peran penulisan yang akan membantu untuk mendorong potensi yang tidak terdeteksi menjadi suatu hal yang luar biasa ketika tulisan yang kita tulis di baca oleh publik. Justru hal ini yang akan membuat publik menarik dan ingin mengenal tulisan yang kita tulis jauh lebih konkret lagi.

Mempermudah proses penalaran

Bernalar saat berbicara dengan bernalar saat menulis jelas sangat jauh perbedaan nya !
Mengapa demikian ? Karena berpikir pada saat ingin megeluarkan perkataan butuh proses yang cepat bahkan dalam merespon lawan bicara saat melakukan interaksi, dan bukan tidak mungkin hal tersebut membuat efektivitas dalam komunikasi akan berkurang jika apa yang di hasilkan nalar tidak cukup kuat untuk merespon.
Hal demikan akan lain jika kita luangkan dalam bentuk penulisan, karena banyak waktu yang kita pergunakan dalam menulis membuat kinerja otak mampu bernalar dan sikap kepercayaan diri akan mendominasi isi dari pikiran kita, justru itu menghasilkan suatu opini yang lebih akurat dan efektif.

Mempercepat arus informasi di era globalisasi

Masih terlintas di benak pikiran kita pada saat masih duduk di bangku dasar, bagaimana menulis menjadi salah satu kewajiban dasar disamping membaca, dari hal tersebut kita bisa berasumsi, bahwa dasar dari sebuah pengalaman dan ilmu pengetahuan adalam membaca dan menulis, apa lagi di zaman era globalisasi sekarang ini, dunia bagaikan seukuran bola kasti yang dapat di genggam, kenapa tidak ? Karena informasi menjadi kebutuhan yang mendasar dalam pembentukan gaya hidup, sosial, budaya sekalipun mengetahui isu isu lokal bahkan internasional sekaligus, tekhnologi yang semakin canggih mendukung perubahan media secara mutlak untuk mengenal media penulisan yang makin ekspres, sejenak meninggalkan kertas dan bolpaint, searah kemajuan digital, muncul yang namanya blog, journal dan media penulisan lainnya yang makin mudah bagi penulis untuk menghasilkan karyanya di media luas, semakin berkembangnya ide dan gagasan yang ingin di munculkan. disinilah penulis mungkin menemukan suatu kelebihan memanfaatkan media dalam penulisan agar lebih mudah di implementasikan pada masyarakat luas agar lebih cerdas dan mampu melihat dunia dalam sebuah tulisan.

Jadi jelas kepintaran seseorang tidak hanya pada kemampuan nya dalam keberanian langsung untuk berinteraksi, alan tetapi juga bagaimana mengeluarkan ide, gagasan, pendapat ke dalam sebuah pemikiran masyarakat melalui sebuah tulisan dan menjadi sejarah bagi penulis nya sendiri ketika dia berhenti menulis !

Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar