Sabtu, 03 November 2012

Hambatan komunikasi lintas budaya

Hambatan Dalam Komunikasi Lintas Budaya

•ETNOSENTRISME
Rasa kepercayaan yang tinggi terhadap budaya sendiri. Sikap kepercayaan dan keyakinan akan keunggulan budaya sendiri terkadang lebih memandang budaya lain di luar budaya kita itu berlawanan dan dipandang rendah dan menutup kemungkinan untuk mau menilai budaya lain sebagai ciri khas dan mempunyai nilai bahkan keunikan tersendiri
(Dedy mulyana)

•STEREOTIPE
Sikap yang lebih menilai orang kedalam satu kelompok, menempatkan suatu individu dalam persepsi kelompok sesuai informasi dan pengetahuan yang kita tahu, bahkan walaupun terkadang informasi dan pengetahuan yang kita miliki belum cukup untuk menekan hal yang demikian. Sikap ini lebih menilai seseorang dalam satu kelompok tanpa mau menilai individu dari tiap kelompoknya.

Menurut BARON dan PAULUS ada 2 faktor yang menyebabkan manusia bersikap streotipe :
Perbedaan KITA dan MEREKA, ini disebabkan karena kita kekurangan informasi yang akurat akan MEREKA, dan kita seakan meyakini bahkan menyamaratakan semua sama tanpa berfikir dan melihat per individu dalam sebuah kategori, genre, atau kelompok. Berarti dalam hal ini stereotipe menyebabkan persepsi selektif tentang orang orang yang ada di sekitar dan lingkungan kita.

•PRASANGKA
Suatu bentuk kesalahpahaman terhadap individu yang berbeda, suatu konsep yang sangat dekat dengan STEREOTIP. Prasangka dapat menimbulkan sikap tidak adil terhadap seseorang atau pada suatu kelompok.
menurut DONAL EDGAR dan JOE R. FAGI, dikatakan bahwa stereotip sendiri bagian dari komponen ( kepercayaan) dari prasangka, dan sedangkan prasangka juga berdimensi perilaku, jadi bisa dikatakan prasangka adalah bentuk konswekuensi dari stereotipe.
RICHARD W. Brisliin juga mendevinikasikan sikap prasangka sebagai sikap tidak adil, menyimpang atau tidak toleran terhadap sekelompok orang.
Menurut RICHARD juga prasangka meliputi hal hal berikut seperti : memandang kelompok lain lebih rendah, sifat memusuhi kelompok lain,bersikap ramah pada kelompok lain pada waktu tertentu.

•RASIALISME
Didefinisikan sebagai perilaku yang diskriminatif atau semena-mena yang ditujukan kepada anggota kelompok pada golongan RAS tertentu.
Selain menjadi faktor penghambat komunikasi antar budaya yang berbeda, rasis jugak dapat memicu terjadinya pertikaian bahkan konflik yang berkepanjangan antar ras, suku,agama yang berbeda dan susah untuk di damaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar