Kamis, 08 November 2012

berita radio yang memenuhi syarat penyiaran

Bagaimana berita radio yang memenuhi persyaratan siaran ?

Karena radio mempunyai sifat yang auditif, berita radio tentunya juga harus memenuhi syarat lain, yaitu :

Lokal-emosional
Berita atau informasi menjadi alat komunikasi antar individu pendengar dengan masyarakat di sekitarnya. efektivitas beritan tergantung pada aspek kedekatan atau lokalitasnya dengan pendengaran secara geografis dan psikologis, serta terlibatnya respon masyarakat yang mendengar secara emosional dan interaktif

Personal
Komunikasi berita pada radio harus berlangsung seakan seperti seseorang yang sedang bercerita atau membicarakan sesuatu dengan temannya.tujuan proses ini agar memberikan kesan bahwa penyiar sedang berbicara sehingga akan terlihat akrab di telinga dan bukan terkesan sedang membaca sesuatu.

Selintas
Radio adalah media dengan mobilitas pendengar yang tinggi dan di fokuskan selintas dan sekali saja, karena disimak bersamaan dengan berita yang lain. Tidak ada pendengar yang betah mendengar suatu stasiun radio yang mau berlama lama. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian pendengar, sejak awal berita perlu menggunakan Lead yang menarik dan disusun dengan konsep piramida terbalik.

fokus dan antidetail
Berita adalah penyiaran suatu ide atau peristiwa. Kemampuan pendengar untuk mengingat sesuatu rincian laporan sangatlah terbatas. Oleh karena itu, radio harus meringkas data dan menghindari kalimat yang ganda. Karena itu tidak bisa di dokumentasikan, maka dalam berita radio di kenal dengan istilah pengulangan (updating) guna mencapai kejelasan, apa lagi jika ada perkembangan berita lanjutan yang harus disampaikan pada waktu tertentu dalam satu hari.

Imajinasi
Radio dan yang terutama pada berita radio, berita yang disajikan harus dapat mengembangkan imajinasi dramatik secara tepat atas peristiwa yang terjadi. Dalam hal ini pendengar di buat seolah olah sedang merasakan suatu kejadian tersebut.

Fleksibel
Cara penyampaian berita radio sangat tergantung pada kreativitas dan gaya penyiar yang membacakannya. Seluruh pengertian dan makna teks yang disampaikan, tercermin dari infleksi ( tinggi dan rendah atau datar ).

salam komunikasi
Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar